Bumi Kalimantan Selatan Bergetar


Kiram Park, terletak di Desa Kiram Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Menghabiskan waktu 1,5 jam dari arah pusat kota Banjarmasin.

Kiram Park menjadi lokasi penyelenggaraan ajang event motocross tanggal 25-27 November 2022. Mulai kelas internasional, nasional, lokal, dan kelas adventure. Kalimantan Selatan menjadi destinasi favorit bagi rider. Ajang prestasi bagi rider internasional, ajang pengalaman bagi rider lokal dan nasional.

Iwan Fals & Band ambil bagian dalam event bertajuk lengkap Uncle Hard Enduro The Return South Borneo 2022. Gubernur H. Sahbirin Noor, akrab disapa Paman Birin menyambut antusias kedatangan Iwan Fals & Band. Paman Birin ingin mengenalkan keberadaan kawasan Geopark Meratus yang saat ini sedang diusulkan untuk diakui oleh Unesco Global Geopark.

Lokasi konser yang jauh dari pemukiman penduduk. Tidak ada agkutan umum yang menjangkau ke sana. Cukup menantang untuk menuju titik lokasi. Penggemar Iwan Fals sudah bersiap di lokasi camping alam roh 20. Oi Banjarmasin memfasilitasi kehadiran penonton dari luar provinsi seperti Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Apa yang dikhawatirkan sirna. Orang Kalimantan sudah terbiasa mendatangi tempat yang jauh dari titik keramaian. Di sebuah kawasan motocross, dengan pemandangan bukit dan lembah berbatu, ribuan penonton menginjakan kakinya di konser Iwan Fals & Band, Sabtu malam (26/11/2022).

Kiram Park memberikan kesaksian, Bumi Kalimanatan Selatan bergetar. 17 lagu mengudara di alam terbuka. Bergema bukan sekedar suara tanpa makna.

Menegaskan bahwa tidak ada jalan mudah mencapai titik puncak tertinggi. Berkali-kali melewati tantangan, bayangan kegagalan adalah hantu yang mesti dilenyapkan. Selalu memberi alasan untuk lembah air mata agar tetap bekerja, tetap berjuang, tetap menjalani proses kehidupan.

Leuwinanggung, (3/12/2022).
Fotografer : Evelyn Pritt
Penulis : Syaiful Ramadlan
Editor : Rosana Listanto