Merubah Gaya Hidup Menjadi Daya Hidup

“Masa Depan Ada di Tangan Kita Semua”. Narasi ini digaungkan Iwan Fals di channel youtube Tokopedia 2019. Kini setelah melewati dua tahun, Tokopedia menghadirkan Iwan Fals dengan tampilan berbeda. Iwan Fals membuka ruang bagi penyanyi muda berbakat.

Menembus angka jutaan penonton, kreasi bukan sensasi. Meramu gamelan dan elektronik, gabungan unsur bahasa Jawa dan bahasa Inggris, mengangkat nama Indonesia di mancanegara. Keberpihakan kepada identitas bangsa. Menjawab harapan tentang kreatifitas. Dikenal sampai internasional karena memadukan modern dan tradisional. Sara Fajira, kini sepanggung Iwan Fals.

“Masa Depan Ada di Tangan Kita Semua” masih relevan untuk disuarakan. Bersuara lewat lagu bertindak lewat perilaku. Tanah berhak subur manusia berhak makmur. Hukum timbal balik manusia dengan alam. Membuat kompos di rumah, membuat pupuk organik dari sampah rumah tangga, mengolah sampah plastik menjadi aspal.

Musisi mengisi literasi. Untuk hari ini dan generasi nanti. Mementingkan hidup berdaya mengesampingkan hidup bergaya. Merubah gaya hidup menjadi daya hidup.

Leuwinanggung, (25/4/2021).

Fotografer : Evelyn Pritt
Penulis : Syaiful Ramadlan
Editor : Rosana Listanto